Thursday, October 20, 2011

Hobi jadi Sumber Penghasilan

Mau cari penghasilan tambahan? Bingung harus mulai dari mana? Coba manfaatkan hobi anda untuk dapatkan penghasilan lebih. Berikut contoh beberapa hobi yang bisa menjadi sumber penghasilan, mulai dari hobi yang biasa sampai yang agak sedikit aneh ternyata juga menghasilkan.

Hobi Masak
Pasti banyak di antara bunda yang hobi masak kalau lagi stres atau penat. Selain karena ini adalah tugas rutin rumah tangga, ada juga yang benar-benar jatuh cinta dengan hobi yang satu ini. Nah, mulai sekarang coba deh untuk mulai memasarkan hasil dapur anda, terlebih kalau sudah banyak orang yang memuji hasil masakan anda. Anda bisa mulai mempromosikan masakanmu di kantor atau di rumah-rumah saudara. Caranya? Cukup bawa hasil masakan sebagai bekal atau contoh produk dan ajak teman-teman untuk mencicipi. Setelah banyak yang tertarik, anda bisa langsung memberikan informasi tentang bisnis anda. Sayang kan, kalau makanan enak cuma dinikmati sendiri?

Hobi Makan
Banyak orang berpikir hobi makan tidak bisa menghasilkan uang. Salah besar! Kalau anda pintar mencermati peluang bisnis, hobi makan pun bisa menjadi menghasilkan penghasilan tambahan. Syaratnya, anda harus benar-benar menggali keahlian anda sebagai seorang pencicip makanan. Setelah mencicipi makanan anda bisa menuliskan review terhadap makanan yang anda cicipi lalu menuliskannya dalam jurnal online. Saat ini banyak orang menikmati pergi makan di luar atau wisata kuliner dan membutuhkan review mengenai makanan di restoran yang hendak mereka kunjungi.
Bayangkan suatu hari ini nanti jadwal anda penuh akan permintaan mencicip dari restoran/cafe atau bahkan catering di kota anda. Ahh nikmatnya dunia makan.

Hobi Online
Anda menyukai browsing di dunia maya? Gemar bermain game online? Hobi menulis blog? Saatnya menguangkan hobi anda ini. Anda bisa mulai membangun bisnis online. Mulai dari bisnis online milik sendiri, atau mengikuti bisnis online yang sudah banyak tersedia. Coba kumpulkan artikel-artikel yang anda tulis dalam blog kemudian tawarkan kepada penerbit.

Hobi Kecantikan
Anda gemar mencoba atau bahkan mengkoleksi peralatan makeup? Hobi mengutak-atik riasan cat kuku anda? Nah, mulai sekarang coba deh untuk mulai menjadikan hobi anda sebagai sumber penghasilan anda. Ada beberapa perusahaan kosmetik ternama yang menawarkan peluang memiliki bisnis sendiri dengan modal sedikit namun penghasilan yang cukup memuaskan. Atau anda juga dapat menawarkan jasa pelatihan makeup atau pelatihan perawatan kuku dan tehnik mengecat kuku. Pertama-tama, gunakan diri anda sendiri sebagai etalase produk anda. Kemudian tawarkan kepada teman-teman anda dengan membuat acara kecil dimana anda bisa melakukan demonstrasi makeup. Bayangkan yang tadinya anda menghabiskan uang belanja untuk hobi anda, sekarang anda dapat menghasilkan penghasilan dan tentunya bersenang-senang dengan hobi anda.

Hobi Foto
Fotografi termasuk salah satu hobi yang menghabiskan uang. Kecintaan anda pada dunia yang satu ini kadang membuat anda rela merogoh kantong sedalam-dalamnya untuk mendapatkan kamera canggih beserta lensa profesionalnya. Ada banyak cara menghasilkan uang dari hobi yang satu ini. Anda tidak perlu sampai harus memiliki studio foto sendiri, kecuali anda memang memiliki modal yang cukup dan menyenangi hal ini. Anda bisa mengikuti kompetisi fotografi adalah salah satunya, menjadi pemenang kompetisi selain membawa kepuasan pribadi sendiri juga mengalirkan penghasilan ke dompet anda. Anda juga bisa mengumpulkan foto-foto dan menguploadnya untuk dijual kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan materi foto untuk periklanan mereka.

Tidak ada pekerjaan yang lebih menyenangkan daripada mengerjakan bisnis yang anda sukai. Asalkan anda cermat melihat peluang bisnis apa yang bisa dihasilkan dari hobi anda. Anda senang, dan dompet pun penuh sehat terisi. Hampir semua hobi bisa menghasilkan kalau anda mau mencermatinya. Asalkan bukan hobi tidur aja yaaah ^_^

No comments:

Post a Comment