Tuesday, October 18, 2011

TIPS MENGINGAT NAMA REKAN BISNIS

Dalam bersosialisasi terutama dalam menjalankan bisnis, sangat penting memiliki keahlian mengingat nama-nama orang. Tapi tentunya tidak setiap orang dikaruniai keahlian ini. Saya salah satu contohnya. Saya sangat kesulitan mengingat nama orang. Kalaupun ingat namanya, sata pasti lupa wajahnya yang mana. Ini sangat-sangat tidak baik untuk bisnis.

Saya masih ingat kapan dan dimana saya bertemu orang, tapi saya tidak punya kemampuan untuk mengingat namanya. Menghadapi situasi seperti ini saya hanya akan bergumam kesal pada diri sendiri, "Waduh! Ini Bapak dikenalin temen gw di kereta kemaren. Arrghh namanya siapa yaaa? Mana gw harus ngenalin dia ke 3 temen gw lagi!"

Terdengar akrab? Hihihi.. sama dong ya kita. Anda pasti juga merasa canggung dan malu seperti saya.

Hal ini sering terjadi, bagaimanapun juga saya harus menemukan solusinya. Mengapa? Karena kemampuan untuk mengingat nama sangat penting untuk penjualan, pemasaran, hubungan masyarakat, manajemen, politik, layanan pelanggan, hubungan pasien, kerja sukarela, dan setiap fungsi profesional lainnya.


Simak tujuh tips dasar dari Bill Lampton, Ph.D. berikut ini, dan mungkin anda akan mulai mengingat nama dengan akurasi yang luar biasa:

Pastikan Anda menangkap nama lawan bicara anda.
Mengapa kita tidak menangkap namanya? Biasanya ada alasan cukup jelas. Alih-alih mendengarkan nama seseorang ketika kita diperkenalkan, kita berpikir tentang kalimat pembukaan brilian yang akan kita lontarkan dalam percakapan. Jadi nama itu, meskipun jelas dinyatakan, terlewatkan oleh kita. Padahal, kita tahu kita tidak bisa membuat orang lain terkesan dengan obrolan kita kalau kita tidak bisa menyebutkan nama mereka.

Mintalah ejaan jika diperlukan.
Sebuah nama kadang-kadang bisa sangat aneh untuk didengar pertama kali. Dan dalam kasus saya, kuping saya benar-benar bisa luput mendengar dengan jelas nama seseorang. Boro-boro nama aneh, nama biasa aja suka gak denger. Nah, menghadapi situasi seperti ini saya selalu berpikir, kira-kira orang ini keberatan nggak ya kalau saya minta untuk mengeja namanya?
Tidak sama sekali. Bahkan, kenalan baru Anda akan senang bahwa Anda adalah bahwa tertarik padanya. Dia akan mengeja lebih dari sekali jika ejaan yang pertama masih tidak jelas bagi anda.

Visualisasikan nama.

Misalkan Anda bertemu seorang pria bernama Hardy. Segera, gambar restoran Hardee itu. Melihat nama pria itu di lampu, dengan ejaan yang sedikit berbeda. Membayangkan diri Anda makan burger dengan dia. Anda akan kagum pada seberapa cepat cetakan imajinasi anda nama dalam memori anda. Hmmm ide bagus, saya mungkin akan mencobanya. ^_^

Mengasosiasikan nama.
Katakanlah Anda bertemu seorang wanita bernama Alice. Tentu Anda telah bertemu Alice lainnya. Asosiasikan Alice yang sudah anda lama kenal dengan Alice yang baru anda temui.

Anda bahkan dapat mengasosiasikan nama-nama dengan orang-orang terkenal. Sebagai contoh, ketika Anda bertemu dengan Michelle asosiasikan dirinya dengan Michelle Obama. Atau dalam pertemuan Robert, sosiasikan dirinya dengan Robert Redford.

Gunakan nama orang dalam respon pertama Anda.

Segera setelah diperkenalkan kepada George, mengatakan "Ini sangat baik untuk bertemu denganmu, George." Kemudian sebutkan namanya lagi sekali atau dua kali lebih selama percakapan anda: 


    "George, darimana anda berasal?"

    "Katakan padaku, George, apakah anda tinggal di jalan di belakang pusat perbelanjaan?"

Setiap kali anda memasukkan namanya dalam percakapan, anda memberi diri anda penguatan tambahan namanya, bahkan saat anda menunjukkan bakat anda dengan nama.

Tips yang satu ini sepertinya sangat cocok untuk saya, saya punya kemampuan mengingat nama dan sekaligus wajah orangnya bila saya bertemu berkali-kali dengan orang itu.

Dapatkan nama secara tertulis.

Di sini sekali lagi, Anda tidak menghina kenalan baru Anda, Anda memujinya. Alice suka indikasi bahwa anda ingin menyimpan namanya, dan melestarikannya akurat.
Atau jika anda berada dalam lingkungan di mana Alice cenderung memiliki kartu bisnis, tawarkan untuk bertukar kartu. Permintaan ini menyediakan anda dengan salinan tertulis nama. (Tanpa wajah tentunya -__-")

Tinjau daftar nama sebelum menghadiri suatu acara.

Misalnya anda akan menghadiri pertemuan makan malam tahunan Club Gym anda. Sebaiknya anda melihat nama peserta sebelum anda sampai di sana. Sederhana, lihat saja dari daftar keanggotaan dan lihat nama-nama yang ada disana. Segera anda akan berpikir, "Oh ya, Dorsey adalah orang tertinggi dalam kelompok" atau "Eileen memiliki rambut paling merah yang pernah saya lihat. Atau dalam kasus lain, selalu ingatkan diri anda untuk mencari tahu dari orang lain siapa-siapa yang akan anda temui hari itu.

Tips yang hebat bukan? Dapat menyebutkan nama orang secara akurat selalu dapat membuat orang lain terkesan lebih dari sekedar kalimat pembukaan basa-basi. Percayalah, karena saya dikaruniai kemampuan alami mengingat nama & wajah orang yang sering saya temui berkali-kali walaupun sudah tak berjumpa dengannya selama bertahun-tahun. Ini meliputi teman kuliah, teman SMA, teman SMP, dan bahkan teman SD. Dan orang selalu memandang takjub kepada saya dan berkata, "Kok bisa inget siiih?" Nah, demi kesuksesan bisnis, sebaiknya mulai sekarang saya dan juga anda mulai mengasah kemampuan baru: mengingat nama orang yang hanya sesekali anda temui dengan menggunakan tips-tips di atas.

No comments:

Post a Comment