Monday, October 17, 2011

MENJAGA KEHARMONISAN ANTARA BISNIS & KELUARGA

Sebagai ibu rumah tangga yang juga bekerja di rumah, salah satu keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai adalah menjaga keseimbangan yang baik antara pekerjaan dan kehidupan rumah. Karena anda bekerja di tempat yang sama di mana anda bermain dengan anak-anak, memasak makan malam dan melakukan pekerjaan rumah tangga anda, sulit untuk memisahkan keduanya. Anda malah mencuci ketika seharusnya anda menyelesaikan laporan, atau menghabiskan malam anda bekerja gara-gara anda berjalan ke pagar dan mengobrol dengan tukang sayur.

Jangan khawatir, gambaran ini tidak jelek kok! Memang sulit kan untuk mengelola semua prioritas anda dan bukankah lebih baik untuk melakukan itu semua di bawah satu atap? Ketika semuanya harus anda lakukan adalah di satu tempat, kemungkinannya tidak terbatas. Bahkan Presiden pun melakukannya! Bayangkan kalau anda harus berada di kantor sementara anda juga harus menyelesaikan pekerjaan rumah,

Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan rumah adalah untuk mendefinisikan ruang kerja anda. Mungkin dengan mendirikan ruang kantor kecil, bahkan jika itu hanya sebuah sudut kamar tidur. Memiliki ruang kantor yang jelas akan mempermudah anda dan seluruh keluarga anda untuk menentukan kapan anda bekerja dan kapan anda "hanya seorang ibu". Akan lebih lagi, bila anda memiliki sebuah ruangan khusus yang memungkinkan anda untuk menutup pintu. Ini akan meminimalisasi gangguan. Bahkan anak bungsu anda dengann jelas mengetahui bahwa ibu sedang bekerja dan tidak boleh diganggu.

Cara lainnya adalah membuat jadwal kapan anda bekerja dan kapan anda tersedia untuk keluarga. Diskusikan dengan keluarga anda kapan setiap harinya anda dapat bekerja tanpa gangguan. Tentu anda mungkin perlu mengurus beberapa tugas-tugas rumah tangga sederhana, tetapi memiliki beberapa jam setiap minggu untuk bekerja tanpa gangguan (sementara suami membawa anak-anak ke taman atau bermain dengan mereka) akan memungkinkan anda untukmenyelesaikan pekerjaan anda.


Pada saat yang sama, sisihkan waktu untuk dihabiskan hanya dengan keluarga. Jangan lupa untuk memberikan diri satu atau dua hari seminggu untuk TIDAK BEKERJA - ya, itu berarti tidak ada email ataupun sms. Setelah anda memiliki jadwal, lakukan hal yang terbaik: patuhi jadwal anda!

Tetapkan beberapa aturan untuk anggota keluarga. Pastikan mereka tahu ini bahwa pekerjaan anda adalah pekerjaan yang serius dan anda mengharapkan dukungan mereka.Sebagai contoh, jika aturannya adalah: "jangan ganggu ibu saat bekerja kecuali ada keadaan darurat". maka jangan biarkan anak-anak mengganggu anda untuk mencari tahu anda masak apa untuk makan malam. Jika anda tegas, aturan-aturan itu akan menjadi kebiasaan bagi anda dan keluarga. Dan akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat bagi anda untuk menyelesaikan pekerjaaan anda.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah anda masih mencapai keseimbangan yang baik antara pekerjaan dan rumah. Bila tidak, berarti anda harus menyesuaikan.segalanya kembali. Komunikasi dengan anggota keluarga adalah yang utama. Lagipula, anda bekerja untuk keluarga anda bukan?

1 comment:

  1. JAMOKER, SITUS JAMOKER, SITUS JAMOKER, SITUS JAMOKER
    JAMOKER, SITUS JAMOKER, SITUS 진주 출장마사지 JAMOKER, SITUS JAMOKER, SITUS JAMOKER, 제천 출장샵 SITUS JAMOKER, 김제 출장샵 SITUS 포항 출장마사지 JAMOKER, SITUS 경산 출장안마 JAMOKER, SITUS JAMOKER, SITUS JAMOKER, SITUS JAMOKER,

    ReplyDelete