Sunday, October 16, 2011

Manajemen Waktu Untuk Yang Suka Tantangan

Yay, siapa sih yang nggak pengen kerja di rumah? Duh rasanya kayak mimpi bener ya kalo bisa kerja di rumah. Mau konferensi tinggal berguling dikit dari kasur. Mau ngantor tinggal jalan 10 detik untuk sampai ke ruang kerja. Hemat waktu, hemat uang.

Tapi begitu anda mulai bekerja dari rumah, anda akan segera sadar bahwa ada beberapa tantangan di tengah-tengah semua kebahagiaan itu. Gunakan tujuh tips di bawah ini untuk menghadapi tantangan anda sehingga anda dapat belajar memanajemen diri anda agar dapat meraih sukses dengan bekerja di rumah.

BERPAKAIAN UNTUK SUKSES
Yah minimal anda berpakaian. Tentu anda bisa meringkuk di bawah selimut atau mengenakan daster kusut dan rol rambut sepanjang hari selama bekerja karena anda toh tidak berhadapan langsung dengan klien-klien anda. Namun berpakaian dengan baik seolah anda akan pergi ke kantor benar-benar akan membawa energi positif dalam diri anda. Buatlah rutinitas untuk bangun pagi dan berpakaian seolah-olah Anda meninggalkan rumah untuk sampai ke kantor. Yah anda tidak perlu mengenakan blazer dan rok ketat. Setidaknya menyelinap keluar dari daster anda ke celana dan kemeja favorit Anda. Ini akan mempertajam energi dan mempersiapkan pikiran Anda untuk bekerja produktif. Itu lebih baik daripada kembali lagi ke tempat tidur begitu chatting anda dengan klien selesai. Jika Anda akan bekerja di rumah, Anda benar-benar harus melakukan pekerjaan.

BEKERJA
Seorang pemilik bisnis online mengatakan, "Tantangan terbesar saya adalah pergi ke kantor pada waktu yang ditetapkan dan mulai bekerja tanpa menunda-nunda atau malah melakukan pekerjaan lain tidak dengan pekerjaan saya." Bagaimana untuk memaksa diri untuk bangun dan pergi kerja? Pertama-tama lakukanlah hal terberat lebih dahulu. Studi menunjukkan bahwa ketika anda memulai hari dengan yang paling sulit, anda akan jauh lebih mudah melakukan hal lainnya. Contohnya, menelpon orang yang tak anda kenal untuk memprospek, belajar sebuah program perangkat lunak baru, atau bahkan olahraga. Apapun tantangan yang anda hadapi, apa pun yang anda lawan dan anda rasa berat, lakukanlah pertama kali.

MAKSIMALKAN ENERGI
Kapan anda merasa paling terjaga dan berenergi? Kapan anda melakukan pekerjaan terbaik? Kapanpun itu, ikuti ritme alami anda sehingga anda memaksimalkan waktu ketika anda sedang ON dan kurangi ritme kerja ketika energi alami anda sedang rendah. Jika anda tahu bahwa anda bersemangat di pagi hari, pastikan anda tidak mengambil remote TV dan mulai menggonta-ganti saluran. Gunakan waktu puncak anda. Di sisi lain, jika Anda benar-benar mulai merosot pukul 3:00 sore, jangan pernah menjadwalkan aktivitas yang butuh kreatifitas dan konsentrasi penuh seperti menulis laporan ataupun menulis artikel. Ambil waktu istirahat untuk mengembalikan energi anda, toh anda bekerja di rumah.

PATUHI JADWAL
Selanjutnya, anda harus berpegang pada jadwal kerja yang teratur. pekerjaan anda mungkin mengharuskan anda bekerja dari jam 9 sampai jam 5. Jika demikian, itulah jadwal kerja anda. Beberapa orang yang memiliki fleksibilitas membagi kerja mereka dalam dua shift. Shift pertama empat sampai enam jam dan shift berikutnya pada malam hari selama dua sampai tiga jam. Sebagai contoh, jadwal Anda mungkin 9:00-3:00 dan kemudian 19:00-9:00. Hal ini memungkinkan orang tua bekerja kemudian menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka setelah jam sekolah atau mungkin istirahat sore sebelum bekerja lagi di malam hari.

BUAT ATURAN KERJA
Bekerja di kantor memang bantak aturan dan keterikatan. Bekerja dari rumah memang lebih bebas namun menuntut tanggung jawab dan disiplin lebih tinggi kalau anda mau sukses. Bila anda mencuci jam 10:00 pagi seharusnya terbersit rasa bersalah karena anda tahu tidak masuk dalam jadwal kerja. Apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap fokus? Buat aturan kerja sendiri untuk memaksimalkan produktivitas dan hasil. Contoh: Tidak ada musik keras dari penghuni rumah lain selama jam kerja; Tidak ada panggilan telepon pribadi atau email selama jam kerja, Tidak ada tetapi Anda menjawab telepon kantornya. Pikirkan tentang aturan apa yang akan membuat Anda tetap berada di jalur untuk meraih sukses.

BERGAUL
Bahkan dengan adanya email, telepon dan video conference, masih ada kebutuhan untuk berkoneksi dengan manusia lain. Anda mungkin menemukan diri anda dikelilingi oleh empat dinding kantor rumah anda menatap pintu pagar dan tergoda untuk pergi ke luar dan menyapa tetangga anda, "Halo, tetangga" Buatlah waktu tersendiri untuk berkolaborasi dengan orang lain setidaknya melalui telepon. Bila anda benar-benar seorang yang ekstrovert, ada baiknya anda memilih pekerjaan yang memang mengharuskan anda untuk sekali-kali ke luar rumah untuk menguhubungi klien atau prospek anda secara langsung.

JANGAN LUPA BERMAIN
Saat anda mulai bekerja di rumah, anda berfantasi tentang waktu luang. Tapi tiba-tiba menjadi terlalu mudah untuk bekerja di pagi hari, melalui makan siang, dan bahkan lewat tengah malam. Anak-anak anda mulai bilang anda adalah "zombie." Teman-teman anda berpikir anda ssedang melakukan perjalanan bisnis selama dua bulan. Sebaiknya anda menikmati keuntungan bekerja di rumah dengan bersenang-senang juga. Bagaimana? Buat rencana untuk bersenang-senang kalau anda benar-benar sudah sangat aku terikat pada pekerjaan anda dan patuhi jadwal itu. Jadwalkan nonton film begitu selesai bekerja. Janjian pergi ke Gym dengan teman atau ngumpul bersama teman untuk jalan ke mall, atau melakukan hobi anda. Miliki suatu tempat khusus yang bila anda datangi menandakan anda sudah selesai bekerja. Dengan begini anda akan selalu segar saat kembali lagi bekerja.

Kalau anda mengikuti tips di atas tadi, anda akan berhasil menghadapi segala tantangan saat bekerja di rumah dan mulai SUKA TANTANGAN.

No comments:

Post a Comment