Thursday, October 6, 2011

LIBURAN BIKIN AWET MUDA

"Liburan? Duuh males ah. Di rumah aja ya. Irit lagian wiken kan cuma 2 hari."
Pernah dengar kata-kata itu? Buat sebagian orang, liburan memang terasa mewah. Baik dari segi biaya maupun dari segi waktu. Padahal nih ya sebagai jalan keluar dari kesibukan dan rutinitas yang menyebabkan stres, orang itu harus berlibur. Banyak lho manfaat yang bisa didapat dari liburan, nih beberapa di antaranya:

1. LEBIH AWET MUDA
Ilmuwan David Eagleman, dari Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat yang terlibat dalam studi persepsi waktu, mengatakan bahwa hari libur membuat orang lebih muda. Menurut Eagleman, pada saat berlibur ada lebih banyak waktu yang dihemat pada orang dewasa daripada anak-anak. Bepergian ke tempat yang belum ditemukan dan eksotis memicu otak melihat dunia sebagai otak anak.

"Perjalanan dihabiskan di tempat-tempat yang tidak biasa selama 1-2 minggu memberikan efek untuk 'meremajakan',"
menurutnya dalam Fox News.

2. LEBIH PRODUKTIF
Selain dapat membuat seseorang awet muda, para ilmuwan juga menemukan bahwa orang yang menghabiskan liburan dengan bepergian juga lebih produktif dan memiliki efisiensi kerja. Ini kayaknya perlu jadi perhatian bagian HRD. Pak Bu.. saya liburan dulu biar kalo masuk lagi nanti bisa lebih produktif dan punya efisiensi kerja lebih baik... hihihi..

3. LEBIH KREATIF
Selain memperkaya pengalaman dan perspektif, liburan juga memberikan keuntungan secara intelektual, karena mengembangkan kreativitas. Hal ini terjadi pada saat perencanaan dan pengambilan keputusan dalam situasi yang tidak diketahui. Beda dong ya sama perencanaan dan pengambilan keputusan saat kita rapat di kantor. Ada banyak data dan fakta yang mendukung. Pas Liburan? Boro2. Pake insting ajah. ^_^

Psikolog Amerika sosial, William Maddux, mengklaim
orang yang sering bepergian ke tempat yang jauh mengembangkan kemampuan untuk menjadi kreatif. Tapi ada saatnya hal ini tidak berpengaruh terutama jika orang tersebut tidak berinteraksi selama liburannya. Contoh: selama liburan cuma diem di kamar hotel untuk tidur dan nonton tivi. Hayaahh pelase deh yaa.. :P

4. LEBIH BANYAK BAHAN OBROLAN
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Genius Beauty,
saat berlibut orang punya dua keuntungan:
1. Kulit terlihat lebih sehat
2. Mereka punya cerita- cerita pengalaman menarik yang diperoleh selama liburan.
Pastinya kalo cuma di rumah aja dan kalo nonton tivi aja yang diomongin pasti gak jauh-jauh dari politik, gosip selebriti sama sinetron. Iiih ogah banget kan denger yang itu-itu aja. Nggak seru. :P Dengan liburan ke tempat-tempat jauh, pastinya kita akan punya pengalaman baru, bertemu dengan makanan-makanan baru, budaya baru, yang semuanya pasti menyenangkan untuk dijadikan bahan obrolan.
Coba deh bayangkan anda berjalan-jalan ke Luar Negeri, ke kota romantis seperti Paris dengan teman atau pasangan anda sperti gambar di atas. Anda merasa super bahagia. Ah, ngebayangin aja udah bisa bikin tersenyum bahagia kaan? Senyum bahagia ini niih yang pastiya bikin awet muda.

Bagaimana? Masih beranggapan liburan itu mahal dan nggak berguna? Yang mau awet muda, yuuuk Liburan ^_^ 

No comments:

Post a Comment