Saturday, October 15, 2011

MENGATASI KAKI KERING DAN PECAH-PECAH

Ketika anda membuka sepatu anda, sekali lagi anda bertemu dengan kaki anda yang pecah-pecah kering. Mereka tidak hanya merasa bersisik dan menyakitkan, tetapi mereka juga terlihat seperti anda telah berjalan di atas pisau cukur! Tidak peduli bagaimana buruk dan kasarnya kaki anda, ini tidak harus menjadi nasib kaki anda selamanya. Ada beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk belajar bagaimana untuk menyembuhkan kaki kering retak dan mencegah mereka dari kekeringan di masa depan.

1. Rendam Kaki dalam Foot Bath
Langkah pertama untuk di rumah pengobatan adalah untuk mencuci atau merendam kaki anda sehari-hari di air hangat dengan sabun ringan. Anda dapat menambahkan produk kaki untuk membantu menenangkan kondisi kaki anda jika anda mau. Namun, jika anda ingin menggunakan item dari dapur, gunakan ini: campur satu cangkir madu dengan satu galon air. Rendam kaki anda sepuluh sampai lima belas menit untuk meningkatkan kelembaban di kulit. Madu merupakan antiseptik alami dan adalah obat yang aman untuk kulit pecah-pecah atau perdarahan. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan batu apung terlalu keras pada kaki anda pecah-pecah karena dapat membuat kaki anda lebih buruk.

2. Scrubbing
Jika tumit anda hanya kering, anda bisa menggunakan batu apung yang dapat dengan lembut menggosok kulit mati dan kering pada tumit, telapak kaki dan jari kaki. Jangan mencoba mendapatkan kaki mulus dalam satu kali perawatan. Lebih baik menggunakan batu apung ringan selama beberapa hari.

Anda dapat memperoleh tumit yang halus dengan menggunakan batu apung selama beberapa minggu di kamar mandi. Jika kaki anda begitu kering, sehingga mereka retak-retak, lewatkan langkah ini sampai retak di kaki anda mengelupas, sembuh dan tertutup.


3. Keringkan Kaki
Anda harus mengeringkan kaki anda dengan baik. Cermati kulit di antara jari-jari kaki. Jika daerah ini tidak dikeringkan dengan baik dapat menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri dan menyebabkan infeksi. Handuki kaki dengan ditepuk pelan. Jangan digosok kasar atau anda akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah!

4. Oleskan Pelembab Kaki
Oleskan krim kaki, lotion atau salep kaki. Ada banyak lotion pelembab untuk kaki. Ada yang mengandung  Vitamin E, shea butter, lidah buaya, dan banyak lagi. Produk-produk ini sering membantu untuk kaki kering, tapi tidak cukup membantu bila kulit kaki anda sangat sangat luar biasa kering. Bila kaki anda teramat sangat kering cari krim kaki yang tidak berminyak, hypoallergenic, tidak memiliki bau dan tidak mengandung minyak atau alkohol. Ini membantu mengisi kulit dengan gliserin dan melindungi kulit dengan parafin. Bahan-bahan ini membantu memperbaiki jaringan kulit kaki anda.

Ada juga rumah bahan-bahan di rumah yang disarankan orang untuk digunakan karena edeknya yang menenangkan kulit kaki. Contohnya, pencampuran lotion bayi dengan spearmint dan minyak kayu putih. Campuran ini dikatakan bisa menciptakan sebuah "lotion super" yang melembabkan, menyembuhkan dan berbau segar. Obat alami pelembab lain meliputi minyak almond, minyak alpukat, minyak jojoba dan santan. anda dapat mencoba pelembab pilihan anda untuk melihat mana yang terbaik bagi anda.

5. Pakai kaus kaki katun putih (opsional)
Langkah terakhir mengharuskan anda untuk memakai kaus kaki katun putih bersih. Kapas membantu mengusir kelembaban sedangkan bahan yang tidak berwarna menghindarkan kulit dari iritasi. Banyak orang, termasuk saya, memilih untuk mengenakan memakai pelembab lalu menggunakan kaus kaki sebelum tidur. Lakukan ini dan anda akan merasakan ketika anda bangun kaki anda merasa seolah-olah baru di pedicure spa semalam!

6. Periksa Kaki
Akhirnya, pastikan untuk memeriksa kaki setiap hari anda. Bila ada luka atau lecet rawat segera. Menjaga kaki anda selalu bersih dan menggunakan pelembab adalah cara terbaik untuk merawat kaki anda. Anda juga dapat menjaga kesehatan kaki dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, untuk meningkatkan kesehatan kulit. Makanan seperti wortel, ubi jalar, bayam kangkung, dan labu adalah sumber yang sangat baik.

Selain makanan yang anda makan, jumlah air yang anda minum adalah penting juga. Minum enam sampai delapan gelas air dapat membantu untuk menjaga kulit anda lembut dan halus alami. Penyebab utama untuk kulit kering yang parah atau xerosis (sebutan medis) adalah karena sering dehidrasi, kekurangan vitamin A atau diabetes. Anda tidak harus menderita retak kaki kering atau celah kaki! Cukup ikuti langkah-langkah di atas dan anda akan memandang tumit anda dengan kebahagiaan.

3 comments:

  1. Salam Kenal
    Kaki adalah hal yg paling penting dalalm kehidupan, jika kaki mengalami masalah maka aktivitas akan terganggu.
    Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah informasi mengenai mengatasi kaki kering dan pecah-pecah,, thanks ya ^_^
    agar kaki terhindar dari kuman, debu, penyakit atau hal yang tidak kita inginkan, sebaiknya menggunakan kaos kaki wanita agar nyaman digunakan dan cantik jika dipandang -_^

    ReplyDelete
  2. Artikelnya menarik sekali ya..
    memang kaki sering tertutupi oleh pakaian kita..tapi ya jangan diabaikan begitu saja ..soalnya kaki juga mempengaruhi penampilan, maka harus di perhatikan ...
    dan untuk merawat kaki agar tetap cantik kamu bisa pakai kaos kaki wanita, yang saat ini banyak peminatnya..
    trims.. dan moga sukses

    ReplyDelete
  3. Terimakasih sudah pada komen dan pada ngiklan di blog saya.

    ReplyDelete