Friday, October 21, 2011

Bisnis sambil Antar Jemput Anak Sekolah

Ibu rumah tangga yang modis dan gaya, tentunya ingin memiliki bisnis yang tidak jauh dari kesenangannya: tampil cantik dan bergaya. Bisnis yang berhubungan dengan kosmetik, alat kecantikan, perawatan tubuh, hobi wanita seperti memasak, menjahit, dan lain sebagainya sangat menarik perhatian untuk dijalankan.

Bisnis jenis ini juga bisa dijalankan secara online sehingga ibu rumah tangga bisa tetap bisnis sambil antar jemput anak sekolah, memasak, dan mengurus pekerjaan rumah tangga lainnya.

Lalu bagaimana cara Bunda memasarkan bisnis cantiknya?

1. Pemasaran Lingkaran Dalam
Yang dimaksud lingkaran dalam disini adalah orang-orang yang kita kenal dekat. Beritahukan kepada mereka bahwa anda telah membuka atau memiliki bisnis online.

KARTU NAMA
Berikan kartu nama anda yang sudah berisikan alamat website bisnis anda. Akan lebih baik lagi bila anda memberikan contoh produk anda kepada teman-teman anda. Sebisa mungkin buatlah bisnis anda sangat unik sehingga teman-teman anda akan mengingat bisnis anda karena keunikannya, baik jenis bisnis, jenis produk, ataupun nama toko online anda. Ada banyak keunikan yang bisa anda ciptakan, anda hanya perlu menggalinya. Selalu ingat bahwa dari lingkaran dalam ini, bunda akan mendapatkan banyak referensi dari teman yang puas dengan jasa/produk bunda.

MENGADAKAN DEMONSTRASI PRODUK/JASA
Adakan pertemuan kecil dengan teman-teman anda untuk melakukan demonstrasi produk/jasa yang anda berikan. Cara ini dapat menjadi bahan promosi bagi anda (dengan menulis artikel tentangnya di blog dan menunjukkan foto-foto) juga akan selalu diingat oleh teman-teman anda karena membangkitkan kenangan tersendiri. Teman-teman anda juga akan memiliki cerita menyenangkan tentang bisnis anda yang dapat diceritakan dengan menarik kepada teman-teman mereka lebih daripada sekedar menceritakan kartu nama.

Kekuatan promosi dari mulut ke mulut bisa sangat dahsyat dan mengejutkan. Karenanya selalu mulai dari lingkaran dalam untuk mendapatkan hasil luar biasa sekaligus untuk mempersiapkan mental bisnis anda menghadapi dunia luar yang kejam.


2. Pemasaran Lingkaran Luar
Promosi kepada orang-orang yang tidak dikenal adalah suatu hal yang mutlak karena bunda tentunya ingin mengembangkan kesuksesan bisnis. Promosi jenis ini dilakukan dengan menggunakan media iklan. Baik media iklan online di dunia maya maupun offline.

IKLAN ONLINE
Pilih media online yang memiliki banyak pengunjung dan tarif iklannya sesuai dengan anggaran anda. Karena makin banyak pengunjung berarti akan ada lebih banyak yang melihat iklan yang anda pasang.

IKLAN OFFLINE
Pilih media offline seperti surat kabar yang memiliki oplah tinggi, pembaca yang sesuai dengan produk/jasa yang bunda jual, dan tarif iklannya sesuai dengan anggaran. Bila produk kecantikan yang ingin dipasarkan, jangan buang waktu dan uang menaruh iklan di media yang membahas mengenai politik dan pemerintahan. cari media yang menulis artikel mengenai wanita dan kehidupannya.

Bunda juga bisa mencetak beberapa brosur untuk disebarkan oleh penyedia jasa sebar brosur. Biasanya penyedia jasa seperti ini akan menyebarkan brosur sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Misalnya menyebar brosur di mal atau dari pintu ke pintu pada jam tertentu.

No comments:

Post a Comment